BAB I : Fenomena Pendidikan dalam Hidup Manusia.
Tujuan Pembelajaran.
Setelah mempelajari materi ini mahasiswa mampu
- Mengidentifikasi letak keluhuran martabat manusia dibanding hewan dan makhluk hidup lainnya.
- Menjelaskan perbedaan standar keutuhan manusia dan keutuhan hewan serta implikasinya dalam berperilaku.
- Menjelaskan mengapa pendidikan mutlak diperlukan oleh manusia dan tidak diperlukan oleh hewan.
- Menunjukkan landasan filosofis dan ilmiah penyelenggaraan pendidikan sekolah bagi manusia.
- Menjelaskan fungsi individual dan fungsi sosial pendidikan bagi kehidupan manusia.
- Memiliki sikap terbuka pada konsep-konsep baru tentang pendidikan
- Memiliki sikap teliti/cermat/kritis dalam menganalisis dan mengidentifikasi konsep-konsep tentang pendidikan. Berdasarkan fenomena dalam kehidupan nyata.
- Memiliki kepekaan/ketepatan dalam menemukan/memilih kata kunci yang terkait dengan pengertian (definisi) Tentang mendidik. Yang sesuai dengan paradigma yang benar (baru).