Dalam proses pendidikan, subjek didik dan subjek pendidik memiliki peranan penting dan saling terkait. Subjek didik, atau peserta didik, adalah individu yang menerima proses pendidikan. Peran mereka adalah sebagai pusat proses pendidikan, di mana mereka aktif dalam menerima, mengolah, dan menggunakan pengetahuan serta keterampilan yang diperoleh dalam proses belajar. Subjek didik juga berperan dalam menentukan keberhasilan proses belajar melalui partisipasi aktif, motivasi belajar, dan sikap terhadap proses belajar itu sendiri.Sementara itu, subjek pendidik atau pendidik, berfungsi sebagai fasilitator dalam proses belajar. Mereka merancang dan melaksanakan proses belajar, memberikan bimbingan dan arahan, serta mengevaluasi proses dan hasil belajar.
Dalam proses pendidikan, subjek didik dan subjek pendidik memiliki peranan penting dan saling terkait. Subjek didik, atau peserta didik, adalah individu yang menerima proses pendidikan. Peran mereka adalah sebagai pusat proses pendidikan, di mana mereka aktif dalam menerima, mengolah, dan menggunakan pengetahuan serta keterampilan yang diperoleh dalam proses belajar. Subjek didik juga berperan dalam menentukan keberhasilan proses belajar melalui partisipasi aktif, motivasi belajar, dan sikap terhadap proses belajar itu sendiri.Sementara itu, subjek pendidik atau pendidik, berfungsi sebagai fasilitator dalam proses belajar. Mereka merancang dan melaksanakan proses belajar, memberikan bimbingan dan arahan, serta mengevaluasi proses dan hasil belajar.
Peran dan fungsi subjek didik dan subjek pendidik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap proses dan hasil pendidikan. Subjek didik, atau peserta didik, adalah individu yang menerima proses pendidikan. Mereka berperan sebagai pusat proses pendidikan, di mana mereka aktif dalam menerima, mengolah, dan menggunakan pengetahuan serta keterampilan yang diperoleh dalam proses belajar (Dewey, 1916). Subjek didik juga berperan dalam menentukan keberhasilan proses belajar melalui partisipasi aktif, motivasi belajar, dan sikap terhadap proses belajar itu sendiri.
ubjek pendidik, atau pendidik, berfungsi sebagai fasilitator dalam proses belajar (Aji, 2014). Mereka merancang dan melaksanakan proses belajar, memberikan bimbingan dan arahan, serta mengevaluasi proses dan hasil belajar. Subjek pendidik memiliki peran dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, menginspirasi, dan memotivasi subjek didik