Konsep Kurikulum dan Metode Pendidikan dalam Filsafat Driyarkara.

Dalam filsafat pendidikan Driyarkara konsep kurikulum dan metode pendidikan berperan penting dalam proses memanusiakan manusia muda. Pemikiran Driyarkara tentang kurikulum dan metode pendidikan berlandaskan pada konsep hominisasi dan humanisasi. Driyarkara menekankan bahwa kurikulum harus bersifat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan konteks belajar peserta didik. Driyarkara memandang kurikulum sebagai panduan yang membantu peserta didik dalam perkembangannya. Kurikulum harus disusun berdasarkan prinsip-prinsip berikut:

  1. Holistic: Kurikulum harus mencakup semua aspek perkembangan manusia, termasuk aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.
  2. Antropologis: Kurikulum harus mempertimbangkan kebutuhan dan potensi peserta didik sebagai individu dan sebagai anggota masyarakat.
  3. Filosofis: Kurikulum harus berlandaskan pada nilai-nilai moral dan spiritual yang universal.
  4. Fungsional: Kurikulum harus membantu peserta didik untuk menjadi pribadi yang utuh dan mampu beradaptasi dengan perubahan zaman.